Kamis, 08 November 2012

Ujian Sertifikasi CIA Akan Berubah Menjadi 3 Parts

Ujian Sertifikasi CIA Akan Berubah Menjadi 3 Parts

Common body of knowledge Audit Internal yang terus berkembang secara langsung telah mempengaruhi pula rumusan kerangka kompetensi seorang auditor internal. Perkembangan-perkembangan ini telah mendorong IIA untuk melakukan penilaian ulang terhadap materi-materi yang diujikan dalam sertifikasi CIA (Certified Internal Auditor). Job analysis  study yang dilakukan IIA tahun 2011 lalu, antara lain menyimpulkan perlunya dilakukan perubahan dalam ujian sertifikasi CIA.
Kapan akan diimplementasikan perubahan tersebut?
IIA menjadwalkannya pada pertengahan tahun 2013. Masih cukup lama. Namun penting bagi Anda yang sedang menyusun strategi mengikuti ujian untuk menyiasati periode transisi dari sekarang!
Lantas, apa sajakah yang berubah?
Yang paling mudah ditandai sekaligus terpenting adalah jumlah parts yang harus diikuti. Bila dalam format ujian CIA yang lama terdiri dari 4 parts, maka dalam format ujian yang baru hanya akan terdiri dari 3 parts. Ketiga parts tersebut adalah:
  1. Ujian Part 1: Internal Auditing Basics (2.5 jam, 125 soal). Materinya berfokus pada mandatory guidance, pengendalian internal dan risiko, serta alat dan teknik dalam penugasan audit.
  2. Ujian Part 2: Internal Audit Practice (2 jam, 100 soal). Materinya berfokus pada pengelolaan fungsi audit internal, pengelolaan penugasan, serta risiko dan pengendalian kecurangan.
  3. Ujian Part 3: Internal Audit Knowledge Elements (2 jam, 100 soal). Materinya berfokus pada GRC, komunikasi, struktur organisasi dan proses bisnis, kepemimpinan, manajemen keuangan, IT/business continuity, dan lingkungan bisnis global.
Bagi Anda yang pernah mengikuti ujian CIA atau cukup familiar dengan format ujian yang lama, akan tampak bahwa format ujian baru ini ‘hanya’ menghilangkan Ujian Part 4 dan kemudian menggabungkannya dengan Ujian Part 3.  Secara umum perkiraan semacam itu tidak terlalu salah, namun untuk persisnya IIA telah membuat mapping perubahan dari ujian format 4 parts ke 3 parts yang dapat dilihat di sini.
Hal penting selanjutnya adalah, PRC4 ditiadakan. PRC4 atau Professional Recognition Credit untuk menggantikan (waive) ujian Part 4 tidak diberlakukan dalam format ujian CIA yang baru. Ini tentu akan mempengaruhi strategi Anda dalam mengikuti ujian. Bagi Anda yang berniat menukarkan gelar profesi yang diakui, sebaiknya segera dilakukan mengingat proses pengakuan dalam PRC4 ini juga memerlukan waktu.
Bagi Anda yang berencana mengikuti ujian nanti setelah diberlakukan format baru, tentu tidak ada masalah. Anda tinggal bersiap dengan silabus yang baru dan mengikuti format baru dari awal. Lalu, bagaimana dengan Anda yang telah mengikuti atau bahkan telah lulus beberapa parts ujian dalam format ujian yang lama?
Berikut ini ringkasan panduannya:
  • Bila Anda telah lulus Ujian Part 1 dan/atau 2  (lama), maka akan tetap diakui (tidak perlu mengulang dalam format baru)
  • Bila Anda telah lulus Ujian Part 4 (lama), namun belum lulus Ujian Part 3 (lama), Anda harus mengulang ujian Part 3 dalam format baru.
  • Bila Anda telah lulus Ujian Part 3 (lama), namun belum lulus Ujian Part 4, dalam waktu 6 bulan Anda harus lulus Ujian Part 4 atau mengikuti PRC4. Bila gagal, Anda harus mengikuti ujian Part 3 dalam format baru.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar